Pages

Monday, July 5, 2010

Home » » MENGHITUNG KAPAN TANGGAL PERKIRAAN PERSALINAN

MENGHITUNG KAPAN TANGGAL PERKIRAAN PERSALINAN

Akhirnya masa yang dinanti pun tiba. Dalam hitungan hari janin yang selama ini bersemayam di dalam rahim Anda akan segera lahir. Menanti kelahiran si kecil tentu sangat mendebarkan sekaligus menyenangkan. Usia kehamilan dan tanggal persalinan biasanya langsung diperkirakan begitu ibu memeriksakan diri pertama kali ke bidan atau dokter dan dinyatakan positif hamil.
Kehamilan normal diperhitungkan selama 37 – 42 minggu. Jika waktu keluarnya sel telur dan proses pembuahan yang terjadi saat sekitar ovulasi tersebut diperhitungkan selama ± 14 hari, maka masa kehamilan sampai saat hari kelahiran bayi ialah 266 hari atau sekitar 9 bulan.

Perkiraan waktu persalinan sangatlah penting terkait dengan kondisi janin yang akan Anda lahirkan nanti.


Contoh:
Hari pertama haid terakhir Anda jatuh pada tanggal 20 bulan 10 tahun 2008. Maka perkiraan tanggal kelahiran bayi Anda adalah (tanggal 20 + 7) – (bulan 10 – 3) – (tahun 2008 + 1) = tanggal 27 bulan 7 tahun 2009.
Namun ini hanyalah perkiraan ilmiah tetap saja semuanya tergantung pada Yang Maha Berkehendak Alloh Azza wa Jalla.
Jika Anda mengalami kondisi kehamilan yang merupakan indikasi sesar, maka operasi persalinan biasanya dilakukan 2 minggu lebih awal dari hari perkiraan lahir. Alasannya selain karena usia kehamilan 38 minggu merupakan usia cukup bulan bagi bayi yang akan lahir, hal tersebut disebabkan juga karena di minggu ke-38 Anda belum mengalami mulas akibat kontraksi rahim. Kondisi ini tentu dirasa lebih nyaman oleh Anda yang harus menjalani persalinan sesar.
Fotenote:
Indiarti MT. Kehamilan, Persalinan, Dan Perawatan Bayi. Diglossia Media. Jogjakarta. 2008
Subakti Yazid. Ensiklopedia Calon Ibu. QultumMedia. Jakarta Selatan. 2007
Tabloid Nikita. No. 561/TH. XI/28 Desember 2009 – 3 Januari 2010

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment