Pages

Wednesday, December 30, 2009

Home » » Tips: TRIMESTER KEHAMILAN

Tips: TRIMESTER KEHAMILAN

Sebagai seorang hamba, Anda harus selalu bersyukur kepada Alloh Azza wa Jalla yang telah memberikan anugerah terindah dalam kehidupan. Proses kehamilan, segala tantangan yang dialami, berbagai perubahan yang terjadi, keluhan, dan kebahagian yang menyertainya hingga saat-saat melahirkan nantinya memerlukan makanan sehat dan bergizi..
Selama kehamilan, Anda menjadi satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi dalam kandungan serta mempersiapkan nutrisi setelah bayi dilahirkan. Berikut beberapa tips mengkonsumsi makanan dalam tiap trimester yang akan Anda lalui.


Trimester 1 (Kehamilan Usia 1 – 3 Bulan)
Kenaikan berat badan pada masa ini umumnya hanya sedikit, yaitu antara 0,7 – 1,4 Kg.
Dalam masa ini, wanita hamil biasanya kurang nafsu makan yang kadang-kadang disertai dengan rasa mual. Sebaiknya Anda memakan makanan dalam porsi kecil tetapi sering
Biasanya pada wanita hamil muda senang dengan makanan yang berbau masam (ngidam), makanlah buah-buahan yang segar atau sari buah-buahan.
Trimester 2 (Kehamilan Usia 4 – 7 Bulan)
Kenaikan berat badan bervariasi antara 0,3 – 0,4 Kg perminggu.
Dalam masa ini nafsu makan sudah pulih kembali. Semua makanan boleh Anda makan, bahkan Anda disarankan untuk makan lebih banyak daripada biasanya karena tubuh wanita hamil memerlukan lebih banyak makan.
Tetapi pada masa ini, Anda sebaiknya mengurangi makanan yang terlalu asin seperti ikan asin, tauco, telur asin, kecap asin dan yang berhubungan dengannya karena dapat menyebabkan keracunan kehamilan.
Trimester 3 (Kehamilan Usia 8 Bulan Ke Atas)
Dalam masa ini, nafsu makan Anda sangat baik, tetapi disarankan agar Anda tidak makan secara berlebihan.
Kurangilah memakan makanan yang mengandung banyak akan lemak, gula, garam, dan karbohidrat karena makanan tersebut dapat menimbulkan kecenderungan janin tumbuh lebih besar dan keracunan kehamilan yang akhirnya dapat menimbulkan permasalahan pada saat persalinan.


Sumber:
Buku Penuntun Calon Ibu, 1992
M.T Indiarti. Panduan Lengkap Kehamilan, Persalinan, dan Perawatan Bayi. DIGLOSSIA MEDIA. Yogyakarta. 2008



Artikel Terkait:

1 comment:

  1. salam. Saya dari malaysia. Saya mahu kongsikan set vitamin yang sesuai untuk ibu hamil yang organik, tidak mempunyai perasa, perwarna dan pengawet tambahan. Jemputlah berkongsi ilmu dan bertukar2 fikiran. ini link artikle spesifik http://goldenlounge.blogspot.nl/2012/09/set-mengandung-shaklee.html

    Harap bermanfaat. :)

    ReplyDelete