Pages

Tuesday, December 8, 2009

Home » » Tips PENGOLAHAN IKAN SALMON

Tips PENGOLAHAN IKAN SALMON

ikan salmon
Salmon termasuk jenis ikan laut. Satwa laut ini merupakan anggota dari keluarga Salmonidae. Umumnya hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasific. Mereka termasuk spesies anadromous, yaitu spesies yang selalu bermigrasi untuk berkembang biak. Ikan ini mempunyai siklus hidup yang panjang.

Dan sulit rasanya mendapatkan jenis ikan yang dapat dimakan mentah, diasap, atau dimatangkan terlebih dahulu seperti halnya salmon. Dibandingkan jenis ikan lainnya, daging salmon terasa sangat lembut. Hal ini disebabkan kandungan lemak tak jenuhnya (lemak Omega-3) cukup tinggi.


Menurut penelitian, Omega-3 dapat membentu menurunkan tingkat kolesterol, sehingga konsumen dapat terhindar dari penyakit jnatung dan stroke. Selain itu, Omega-3 juga dapat membantu pertahanan tubuh dari serangan kanker dan radang sendi (arthritis).
Salmon juga dapat menjadi nutrisi bagi otak, menjaga kesehatan kulit, bahkan mengurangi keriput. Bukan hanya itu, salmon jga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia.


Tips Pengolahan


Agar tidak banyak nutrisi yang hilang, diperlukan tips dalam pengolahan ikan salmon. Berikut cara pengolahannya:

  1. Agar tekstur salmon saat di goreng tidak rusak, usahakan bagian kulitnya ditaruh di sisi bawah. Jika bagian dagingnya dulu yang terkena panas, biasanya ikan akan “meringkel”.
  2. Untuk membuat kaldu ikan yang bening, cukup gunakan api sedang. Gunakan bagian kepala dan ekor saja.
  3. Kematangan harus sempurna agar enak rasanya. Perhatikan ikan yang di goreng, bila kaldu ikan sudah keluar dari dagingnya, segera angkat.
Ketiga cara ini akan mengunci kandungan Omega-3 pada ikan agar tidak rusak.


Tips Cara Memilih Ikan Salmon


Dalam memilih daging salmon, ketika membeli di pasar atau supermarket dalam bentuk potongan, pilihlah sesuai keperluan, bisa dengan kulitnya atau tanpa kulit.


Cobalah tekan daging ikan. Jika empuk, beraroma segar, dan tidak berlendir, itu berarti ikan masih segar. Perlu Anda ingat bahwa daging salmon sedikit berminyak sehingga agak licin dan mengkilap. Jangan lupa, mintalah es serut dalam kemasannya agar ikan terjaga kesegarannya setiba di rumah.


Kesegaran salmon juga dapat di lihat dari kedua matanya. Mata harus jernih, dengan kedua bola mata yang bening. Periksa pula bagian insang, ikan yang segar memiliki warna insang merah segar.


Sumber: Dela. Kolom Ragam hal 19. Suara Merdeka. 2009


Artikel Terkait:

1 comment:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete