Pages

Tuesday, December 8, 2009

Home » » MAKANAN YANG BELUM SAATNYA DIBERIKAN

MAKANAN YANG BELUM SAATNYA DIBERIKAN

belimbing
Tidak semua makanan bisa anda berikan kepada si kecil, berikut ini adalah makanan-makanan yang sebaiknya jangan dulu diberikan kepada anak anda yang masih balita.
  • Buah-buahan berasa masam
  • Memperkenalkan buah-buahan berasa masam sebelum usia 12 bulan dapat mencetuskan reaksi alergi, terutama jika ada bakat alergi dari keluarga.
  • Madu dan sirup jagung


  • Kacang dan sejenisnya ( seperti pecan dan walnut)
    Jika si kecil berpeluang memiliki alergi, sebaiknya tunggulah hingga ia berusia 3 tahun atau 4 tahun sebelum memberinya kacang (potongan kacang juga dapat membuatnya tersedak).


  • Kedelai
    Kandungan proteinnya yang tinggi membuat kedelai juga dapat mencetuskan alergi. Satu-satunya cara untuk mencegah gejala yang berkaitan dengan alergi kedelai adalah menghindari makanan berbahan baku kedelai hingga si kecil berusia lebih dari 24 bulan.


  • Cokelat
    Kebanyakan reaksi alergi terhadap cokelat disebabkan oleh intoleransi terhadap satu atau lebih bahan tambahannya. Ini termasuk kacang-kacangan, lesitin, susu, sirup jagung, gluten, zat pemberi rasa, dan pewarna. Kotoran tikus atau serangga bahkan bisa ditemukan di dalam cokelat yang penyimpanannya tidak sempurna. Hindari pemberian cokelat hingga anak Anda berusia 24 bulan.


Sumber: nakita. No. 556/TH. XI/23-29 November 2009

Artikel Terkait:

9 comments:

  1. iya hrs selalu cermat memilih makanan dan susu untuk anak.
    aku selalu konsultasi ke dokter, waktu itu pengalaman sendiri
    ada sodara yg suru kasi baby ku (waktu itu br 6 bln) madu
    dokter lgsg larang,katanya anak usia 1 thn ke atas baru bole minum madu.
    untuk susu pun aku cermat milihnya, yg pasti yg ada nutrivit
    krn di dalamnya lengkap ada AADHA nya jg

    ReplyDelete
  2. Wah, kl anakku kebetulan ada alergi dan asthma, jd dia emang gak boleh makan sembarangan. Cokelat dan kacang2an sm sekali gak boleh. Dan anakku jg gak cocok minum susu yg madu. Untung udah ketemu sufor yg lengkap vitaminnya dan tinggi nutrivit nya. Sejak saat itu udah gak mau ganti susu lg krn anakku udah suka dan cocok bgt dgn sufor yg dia konsumsi skr. Gak kuatir lg deh saya :)

    ReplyDelete
  3. wah.. anaknya ada asma juga yah mamadimas?
    anakku juga samaaa... >.<
    kalau boleh tau, sufornya apa ya?
    bagi2 info donk.. :D

    ReplyDelete
  4. anakku baru mulai pelan2 lepas dari ASI nih..
    tapi masih bingung susu formula apa yah yang cocok. soalnya lidahnya terbiasa sama rasa ASI.. sudah coba 2 merk, tapi gak mau diminum.. :(
    kalau ada yang punya saran, boleh dishare yah..

    ReplyDelete
  5. aku lagi mau sapih niiiii anakku udh 2 thn lebihh mau aku sapihh.. lgcari sufor yg bgs.... ada rekomendasi bunda2?

    ReplyDelete
  6. coba aja bunda ocha pake anmum.. anaku cocock bgt pake anmum... ada AADHAnya yg bagus buat perkembangan otak anak...

    ReplyDelete
  7. anaku juga asma....susah2 gampang ya mengurus anak yg asma.. krn makannan juga harus d jaga apa lgudara juga menentukan..tp untungnya anakku ga susah kl d suruh mnm susu.... sk bgt sm anmumnya...aku juga lbh tenang karna emang bgs sih anmum.. ada AADHAnya buta otak dan nutrivit yg bikin anakku jrg sakit

    ReplyDelete
  8. anakku susunya anmum... ud cocok sih dari dulu... udh gt anakku juga sk rasanya... jd ga susah ngasih dia susu.. apalg anak2 sk susah mnm susu yahhhhh

    ReplyDelete
  9. anakku yg kecil uga asma ... suka kasian liatnya l asmanya kumat....tp utung kl soal makan dan minum susu dia ga susahh,,,, jd ga gt khawatir lg....btw susunya anmum suka bgt dia

    ReplyDelete