Pages

Tuesday, November 10, 2009

Home » » TANDA LAHIR

TANDA LAHIR

Tanda lahir sering kali mencemaskan orangtua. Biasanya ditemui di punggung bagian bawah hingga bokong, meskipun juga dapat dijumpai di bagian lain. Beberapa jenis tanda lahir berikut ini mungkin dapat membantu anda untuk memastikan apakah hal tersebut normal.

Mongolian Blue Spot
Tanda lahir seperti memar berwarna biru kehitaman ini umumnya ditemukan pada bayi-bayi Asia dan dipercaya merupakan akumulasi sel-sel pigmen di bawah kulit. Biasanya ditemukan di punggung bagian bawah dan bokong, tanda lahir ini tidak terasa sakit dan akan hilang dalam beberapa bulan atau setidaknya dalam tahun-tahun awal kehidupan bayi anda.

Stork Marks
Tanda lahir berwarna kemerahan ini sering dijumpai di dahi bayi, diantara kedua alis mata, di kelopak mata, di bawah hidung, juga di leher bagian bawah. Bercak merah ini akan segera pudar, tetapi akan terlihat lebih jelas pada saat bayi menangis keras.

Milia Spots
Benjolan kecil berwarna putih ini biasanya ditemui pada hidung bayi. Para ahli berpendapat bahwa ini berkaitan dengan tersumbatnya saluran lemak dan akan hilang dalam beberapa minggu. Tahan diri anda dari keinginan memencet benjolan ini layaknya jerawat.

Erythema Toxicum
Noda kemerahan dengan bagian tengah berwarna merah muda ini juga sering dijumpai pada bayi dan akan menghilang dalam beberapa hari tanpa perawatan khusus.

Café Lait Spots
Tanda lahir berwarna cokelat muda ini bersifat permanen. Bisa muncul pada saat lahir maupun beberapa hari setelahnya.

Haemangioma
Dikenal juga sebagai strawberry marks, tanda lahir ini dapat membesar namun akhirnya menghilang dalam beberapa tahun. Tidak dibutuhkan perawatan khusus kecuali jika tanda lahir ini mengganggu fungsi tubuh, misalnya penglihatan. Mudah berdarah jika bayi anda menggaruknya, tetapi dengan tekanan lembut perdarahan segera berhenti.

• NAKITA

Download artikel PDF

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment